Rumusan Pengertian Ekonomi dari Para Ahli Ekonom Dunia

- 16 September 2022, 09:49 WIB
ilustrasi pengertian ilmu ekonomi
ilustrasi pengertian ilmu ekonomi /stevepb/

KEPRI POST - Untuk memahami mengapa studi ekonomi itu penting, pertama-tama kita perlu memahami apa itu pengertian ekonomi.

Terdapat beberapa rumusan tentang pengertian ekonomi yang disampaikan para ahli Ekonom.

Rumusan-rumusan yang mereka sampaikan antara lain adalah sebagai berikut:

Richard G. Lipsey menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.

Baca Juga: Ini Alasan Ilmu Ekonomi Konvensional dan Ekonomi Syariah Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan Banyak Orang

N. Gregory Mankiw menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.

Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi memenuhi keinginan mereka.

Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.

Baca Juga: Konsep Dasar Ekonomi Syariah Dalam Islam Yang Mudah Dipahami Pelajar dan Mahasiswa

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah