Faktor Pertumbuhan Ekonomi dan 3 Tujuan Penting Untuk Pembangunan Daerah, Simak Teorinya

- 10 Desember 2022, 20:15 WIB
ilustrasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah
ilustrasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah /victor217/

KEPRI POST - Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan daerah dalam suatu perekonomian.

Kemajuan suatu perekonomian ditentukan oleh besarnya pertumbuhan yang ditunjukan oleh perubahan output nasional. Adanya perubahan output dalam perekonomian merupakan analisis ekonomi jangka pendek.

Dari berbagai teori pertumbuhan yang ada yakni teori Harold Domar, Neoklasik, dari Solow, dan teori endogen oleh Romer, bahwasanya terdapat tiga faktor atau komponen utama dalam pertumbuhan ekonomi. Ketiganya adalah:

Baca Juga: Perkembangan Industri Digital di Indonesia, Membuka Puluhan Juta Lapangan Kerja

a) Akumulasi modal, yang meliputi semua bentuk atau jenis investasi baru yang ditanamkan pada tanah, peralatan fisik, dan modal atau sumber daya manusia.

b) Pertumbuhan penduduk, yang beberapa tahun selajutnya akan memperbanyak jumlah angkatan kerja.

c) Kemajuan teknologi Pembangunan daerah dilaksanakan untuk mencapai tiga tujuan penting, yaitu mencapai pertumbuhan (growth), pemerataan (equity), dan keberlanjutan (sustainability).

1. Pertumbuhan (growth),
tujuan yang pertama adalah pertumbuhan ditentukan sampai dimana kelangkaan sumber daya dapat terjadi atas sumber daya manusia, peralatan, dan sumber daya alam dapat dialokasikan secara maksimal dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan produktif.

Baca Juga: Ini 5 Usaha dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Kepri Selama Triwulan III

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x