Konsep Dasar Ekonomi Islam, Berikut Perkembangan dan Urgensi Ekonomi Syariah

- 19 September 2022, 15:37 WIB
ilustrasi Ekonomi Syariah
ilustrasi Ekonomi Syariah /bfgfx/

KEPRI POST - Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah saat ini telah berkembang dengan pesat.

Perkembangan Ekonomi Syariah ini dapat dilihat dari maraknya lembaga-lembaga perekonomian baik bisnis maupun keuangan yang melaksanakan usahanya dengan berdasarkan Syariat Islam.

Beberapa lembaga tersebut antara lain bank syariah, asuransi syariah, hotel syariah, dll.

Ekonomi Syariah pun telah terbukti mampu memajukan perekonomian, sebagaimana telah dibuktikan pada kekhalifahan Islam, dimana pada saat itu negara-negara barat sedang mengalami zaman kegelapan (dark ages).

Baca Juga: Ini Alasan Ilmu Ekonomi Konvensional dan Ekonomi Syariah Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan Banyak Orang

Zaman keemasan tersebut mengalami kemunduran seiring terjadinya distorsi dari syariah Islam yang nilai-nilainya sangat universal.

Karena itu penggalian nilai-nilai dan metode serta cara mengelola perekonomian secara Syariat Islam menjadi penting adanya. Apalagi permintaan terhadap metode ini merupakan kebutuhan umat dan masyarakat.

Kehandalan Ekonomi Syariah juga telah terbukti di Indonesia, setidaknya pada saat terjadinya krisis moneter yang membawa pada krisis perekonomian dan multidimensional (1998).

Ketika itu bank-bank syariah mampu survive dan terhindar dari krisis perbankan dan rekapitalisasi perbankan. Hal ini dikarenakan sistem syariah yang tidak memungkinkan adanya negative spread.

Ada tiga kekuatan sistem ekonomi di dunia ini yaitu system ekonomi liberal/kapitalis, sistem ekonomi sosialis dan system ekonomi Islam atau sering disebut system ekonomi syariah.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x