Bursa Efek Indonesia Dukung Penguatan Posisi Perempuan di Bisnis dan Ekonomi Berkelanjutan

- 19 Maret 2024, 22:00 WIB
Bursa Efek Indonesia mendukung penguatan posisi dan peran perempuan dalam bisnis dan ekonomi berkelanjutan.
Bursa Efek Indonesia mendukung penguatan posisi dan peran perempuan dalam bisnis dan ekonomi berkelanjutan. /tangkap layar/bei/

KEPRI POST - Bursa Efek Indonesia (BEI) mendukung penguatan posisi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk bisnis dan ekonomi berkelanjutan. Dukungan itu digelorakan dalam acara Ring the Bell for Gender Equality guna meningkatkan perhatian tentang peran sektor swasta dalam mendorong pencapaian kesetaraan gender.

Tahun ini, 121 Bursa Efek di seluruh dunia ikut merayakan 10 tahun “Ring the Bell for Gender Equality” untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Acara “Ring the Bell for Gender Equality” memberikan refleksi tentang tema Hari Perempuan Internasional 2024 dari UN Women, yakni “Berinvestasi pada Perempuan: Mempercepat Kemajuan”. Tema ini menekankan pentingnya kesetaraan gender sebagai cara terbaik untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan membangun masyarakat yang lebih sejahtera dan setara.

Baca Juga: Profil 6 Caleg Perempuan Lolos ke DPRD Kepri 2024, Istri Gubernur Raup Suara Terbanyak

Berinvestasi pada perempuan menjadi sangat penting seiring dengan situasi global, seperti krisis, konflik, dan perubahan iklim yang memberikan dampak tidak proporsional terhadap perempuan dan anak perempuan.

1 dari setiap 10 perempuan di dunia hidup dalam kemiskinan ekstrem dan hanya 61 persen perempuan yang berada dalam angkatan kerja. Di Indonesia, partisipasi angkatan kerja perempuan mencapai 54,4 persen, jauh di bawah partisipasi laki-laki.

Risa Rustam, Direktur BEI berharap perusahaan-perusahaan di industri pasar modal Indonesia dapat lebih memberikan dukungan terhadap upaya pemberdayaan perempuan di angkatan kerja.
"Kami berharap dukungan ini tidak hanya pada Hari Perempuan Internasional saja. Namun juga tercermin dalam aksi nyata sehari-hari untuk memperkuat posisi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam ranah bisnis dan ekonomi berkelanjutan," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Jumat, 15 Maret 2024.

Dwi Faiz, Head of Programmes UN Women Indonesia mengatakan, acara Ring the Bell for Gender Equality ini menandakan komitmen perusahaan, investor, dan bursa saham untuk mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Baca Juga: Hanya 8%, Ini 4 Caleg Perempuan yang Lolos ke DPRD Batam 2024, Lengkap Motivasi dan Profilnya

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x