Kenali Istilah dan Dokumen Ini Sebelum Terjun Jadi Eksportir

- 26 Juli 2022, 15:05 WIB
cek kelengkapan dokumen ekspor
cek kelengkapan dokumen ekspor /tirachardz/freepik

KEPRI POST - Kegiatan ekspor adalah sistem perdagangan dengan cara mengeluarkan barang-barang dari dalam negeri keluar negeri dengan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Ekspor merupakan total barang dan jasa yang dijual oleh sebuah negara ke negara lain, termasuk diantara barang-barang, asuransi, dan jasa-jasa pada suatu tahun tertentu.

Oleh karena itu ada dokumen-dokumen ekspor yang harus disiapkan oleh eksportir.

ekspBaca Juga: Pengertian Ekspor Menurut Para Ahli

Dalam buku Hukum Ekspor Impor, Andrian Sutedi menuliskan ada beberapa jenis dokumen yang diperlukan dalam melakukan ekspor antara lain:

1. Invoice
Invoice adalah dokumen nota/ faktur penjualan barang ekpor/impor yang diterbitkan oleh penjual/ eksportir/ pengirim barang.

Di dalam invoice ini wajib mencantumkan: nomer dan tanggal dokumen invoice, Nama pembeli/ importir/ penerima barang/ consignee/ applicant, Nama barang, harga per unit (dijual
berdasarkan, pcs/ kgm/ cbm/ dozen/ lainnya), harga total seluruh barang, cara
penyerahan barang (FOB, CNF, CIF / lainnya).

Hal-hal diatas perlu ditulis didalam invoice, adapun informasi lain dapat disertakan seperti: nama kapal/pesawat, no container, tempat muat dan bongkar dan sebagainya. Invoice ini juga digunakan sebagai dasar untuk menghitung pajak / pungutan negara.

Baca Juga: Pengertian Impor Menurut Para Ahli

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x