Pemerintah Siapkan UMKM Masa Depan, Ini 4 Subsektor dan Kriterianya

- 24 Oktober 2022, 10:10 WIB
ilustrasi UMKM Masa Depan
ilustrasi UMKM Masa Depan /Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA FOTO

KEPRI POST - Kementerian Koperasi dan UKM sedang mempersiapkan UMKM masa depan (future SME).

Perlunya rancangan UMKM masa depan ini berangkat dari pemikiran Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang menilai UMKM harus melakukan perubahan dalam banyak hal agar dapat naik kelas.

UMKM diharapkan tidak dipandang sebelah mata, dianggap sebagai bisnis yang tidak memiliki teknologi dan inovasi.

“Ke depan bicara UKM tidak lagi dipandang hanya usaha informal yang tidak mencapai skala ekonomi, tetapi bisnisnya bisa berkembang bahkan dengan teknologi dan inovasi yang terus bergerak,” kata Menteri Teten Masduki.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Menjadi Penyebab Startup Gagal Jadi Unicorn

Ada empat subsektor UMKM masa depan yang dipersiapkan, yaitu future fashion, feature food, future mobility, dan future food (fashion craft).

Dalam sebuah FGD yang membahas UMKM masa depan yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, Staf Khusus Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari mengatakan fakta menunjukkan UMKM Indonesia saat ini mencapai 64 juta unit usaha menguasai 99 persen jumlah pelaku usaha secara nasional.

UMKM yang digadang-gadang sebagai tulung punggung ekonomi nasional tetapi kontribusinya terhadap perekonomian nasional kurang dari 60 persen. Adapun kontribusinya terhadap ekspor hanya 14 persen.

“Selama ini UMKM Indonesia, khususnya usaha mikro hanya untuk bertahan hidup. Untuk memastikan yang lebih dari 60 juta usaha berjalan baik itu bukanlah hal mudah untuk melakukannya, mulai dari akses pasar, pembiayaan, ketersediaan bahan baku, kualitas produk dan lainnya. Oleh karena itu, penting melihat potensi UMKM di masa depan di tengah situasi yang berkembang sekarang,” kata Fiki.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x