Kunci Sukses Usaha Kecil Agar Naik Kelas, Lengkap Beserta Kriterianya

- 15 Februari 2023, 20:35 WIB
ilustrasi mencari kunci sukses usaha kecil
ilustrasi mencari kunci sukses usaha kecil /nappy/

KEPRI POST - Setiap usaha pasti ingin mencapai sasaran yang ditetapkan seperti menetapkan keberhasilan usaha.

Salah satu langkah untuk mengukur keberhasilan adalah dengan melakukan penilaian kinerja, selain itu dapat digunakan sebagi masukan untuk perbaikan atau peningkatan kinerja organisasi selanjutnya.

Rue dan Bryars mendefinisikan kinerja sebagai tingkat pencapaian hasil atau tingkat pencapaian tujuan organisasi. Berbagai pendapat dalam menilai kinerja, antara lain: Maynard berpendapat bahwa kinerja perusahaan harus diukur dari besarnya Return On Investment (ROI).

Baca Juga: Peluang Usaha 2023, Mana yang Paling Cuan dan Bikin Cepat Kaya?

ROI merupakan keuntungan yang diraih oleh perusahaan, namun pendapat ini banyak ditolak oleh para ahli, karena pengukuran kinerja tidak cukup dilakukan dengan menggunakan ukuran tunggal, tetapi juga harus mempertimbangkan aspek-aspek lain.

Sementara Penelitian Ghost et all, tentang wirausaha kecil di Singapura menunjukkan hasil bahwa dari 85% responden yang menjawab, 70% wirausaha menggunakan net profit growth untuk mengukur keberhasilan usaha, disusul laba penjualan (sales revenue growth) (61%), laba setelah pajak (return on investment) (50%), dan pangsa pasar (market share) (48%).

38% dari wirausaha yang menggunakan kriteria keberhasilan laba bersih (net profit growth), berpendapat bahwa prestasi 6-10% pertumbuhan pertahun merupakan indikator keberhasilan usaha.

Sedangkan Plotkin berdasarkan penelitiannya menyimpulkan bentuk usaha kecil berhasil karena wirausaha memiliki otak yang cerdas, yaitu kreatif, memiliki rasa ingin tahu, mengikuti perkembangan teknologi dan dapat menerapkannya secara produktif. Mereka memiliki energy yang melimpah serta dorongan dan kemampuan asertif.

Baca Juga: 9 Komponen Bisnis Plan ini Buat Investor Tertarik Kucurkan Dana, Simak Kerangka Proposalnya

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x