Festival Pekan Heboh di Batam: Ramai Pedagang, Sepi Pengunjung

- 22 Juli 2023, 12:30 WIB
Festival Pekan Heboh di Kota Batam menghadirkan ratusan pedagang UMKM, namun sayangnya sepi pengunjung.
Festival Pekan Heboh di Kota Batam menghadirkan ratusan pedagang UMKM, namun sayangnya sepi pengunjung. /tangkap layar/festival/

KEPRI POST - Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar Festival Pekan Heboh dengan menghadirkan ratusan pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun meski ramai penjual, kegiatan ini justru sepi pengunjung.

Festival Pekan Heboh akan berlangsung hingga Minggu, 23 Juli 2023 dan digelar di Dataran Engku Putri Batam Center. Ratusan pedagang menjual beragam makanan, snack, dan minuman seperti siomay, kacang rebus, batagor, bakso, kue, birgur, mpek-mpek, tahu gejrot, hingga pisang coklat.

Sejumlah pedagang UMKM mengeluhkan sepinya pengunjung dalam Festival Pekan Heboh di Dataran Engku Putri Batam Center, yang jauh dari yang mereka perkirakan sebelumnya.

Baca Juga: Sambut Lebaran Idul Fitri 2023, Batam Gelar Pawai Takbir hingga Festival Lampu Colok

"Pengunjung agak sepi, tak sesuai dengan harapan. Sepertinya panitia perlu mengatur mengenai keberagaman jenis makanan atau minuman yang dijual. Jangan hanya mementingkan jumlah yang justru merugikan pedagang itu sendiri," kata seorang pedagang.

Sementara itu Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata mengatakan bahwa penyelenggaraan festival ini merupakan rangkaian acara tahunan Batam 10K serta menjadi wadah bagi UMKM untuk menjual dan mempromosikan produk terbaiknya.

"Ini kita laksanakan bersamaan dengan event sport tourism Batam 10K pada Minggu, 23 Juli 2023 dengan melibatkan 100 lebih tenant UMKM," katanya.

Ardi mengaku sengaja memilih Dataran Engku Putri sebagai lokasi kegiatan Festival Pekan Heboh. Tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat dan wisatawan mancanegara terkait dengan keberadaan destinasi wisata sejarah Museum Batam Raja Ali Haji.

Baca Juga: Bazar Imlek di Tanjungpinang Tawarkan Pernak-Pernik Khas hingga Kueh Mueh dan Jeruk

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x