Konsep Dasar Pengorganisasian Dalam Manajemen Bisnis Dan Pendekatan Proses Departementalisasi

- 26 September 2022, 09:35 WIB
ilustrasi konsep dasar organisasi dalam manajemen bisnis
ilustrasi konsep dasar organisasi dalam manajemen bisnis /jannoon/

KEPRI POST - Dalam proses pengorganisasian di manajemen bisnis, manajer mengalokasikan keseluruhan sumber daya organisasi sesuai dengan rencana yang dibuat berdasarkan suatu kerangka kerja organisasi tertentu.

Struktur organisasi pada dasarnya merupakan desain organisasi di mana manajer melakukan alokasi sumber daya, terutama yang terkait dengan pembagian kerja dan sumber daya yang dimiliki organisasi serta bagaiamana keseluruhan kerja tersebut dapat dikoordinasikan dan dikomunikasikan

Sementara ada juga pendekatan pada proses departementalisasi dalam manajemen bisnis, yaitu:

Baca Juga: Urgensi Desain dan Struktur Organisasi Dalam Manajemen Bisnis

1. Pendekatan Fungsional
Berdasarkan pendekatan ini, proses departementalisasi dilakukan berdasarkan fungsifungsi tertentu yang mesti dijalankan dalam sebuah organisasi.

2. Pendekatan Produk
Pendekatan ini menjelaskan bahwa proses penentuan bagian-bagian dalam organisasi ditentukan berdasarkan jenis produk yang dihasilkan oleh organisasi.

3. Pendekatan Pelanggan
Pendekatan ketiga dalam departementalisasi adalah berdasarkan pelanggan atau customer departementalization. Berdasarkan pendekatan ini, penentuan bagian-bagian dalam organisasi ditentukan berdasarkan karakteristik pelanggan yang menjadi sasaran pelanggan dari organisasi.

Baca Juga: Pengertian Perencanaan dan Mengelola Strategi Beserta Tujuannya Dalam Manajemen Bisnis

4. Pendekatan Geografis
Berdasarkan pendekatan ini, penentuan bagian-bagian dalam organisasi ditentukan berdasarkan wilayah geografis di mana organisasi tersebut beroperasi.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x